Cara Mudah Menanam Dan Merawat Buah Matoa Bagi Pemula

Cara Mudah Menanam Dan Merawat Buah Matoa Bagi Pemula. Matoa (Pometia pinnata) adalah tanaman buah khas Papua, memiliki ukuran pohon yang besar dengan tinggi rata-rata 18 meter dan diameter rata-rata 100 cm, berbuah sekali dalam setahun. Berbunga pada bulan Juli - Oktober dan berbuah 3 - 4 bulan kemudian (Wikipedia).

tabulampot pohon matoa dan rasa buah matoa yang manis

Syarat Tumbuh Buah Matoa

Daerah penyebaran buah matoa di Papua hampir terdapat di seluruh wilayah dataran rendah hingga ketinggian ± 1200 m dpl. Tanaman matoa sendiri akan tumbuh dengan baik di tanah yang kering dengan lapisan tanah yang tebal. Di daerah Papua, tanaman ini biasa hidup di hutan belantara hingga ketinggian 1.200 m di atas permukaan air laut. Iklim yang sesuai untuk mendukung pertumbuhannya yakni iklim basah dengan curah hujan yang cukup tinggi. Tanaman matoa juga mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi cuaca serta memiliki daya tahan yang tinggi terhadap serangan hama dan penyakit.
Ciri-ciri tumbuhan matoa 
  • Bentuk pohon besar dan tinggi, dengan ketinggian hingga lebih dari 15 m dan diameter batang mencapai 1 m. Bahkan pada habitat aslinya, ketinggian pohon matoa rata-rata berkisar antara 20-40 m.
  • Sistem perakaran pohon matoa berjenis tunggang, yang berperan dalam mencari air dan unsur hara sebagai bahan baku dari proses fotosintesis. 
  • Batang pohon matoa berbentuk silindris dan tumbuh secara tegak ke atas. Batang tersebut berwarna putih kecokelat-cokelatan, denngan permukaan yang kasar. Sedangkan pada  percabangannya berjenis simpodial dengan arah tumbuh cabang cenderung miring sampai datar. 
  • Bentuk daun Matoa adalah tipe majemuk. Daun-daun ini tumbuh secara tersusun dan berselang-seling. Setiap cabang tanaman mempunyai sekitar 4-12 pasang anak daun. Daun matoa yang masih muda berwarna merah cerah. 
  • Bunga matoa adalah bunga majemuk yang muncul di ujung tangkai daun, mahkota bunga matoa sedikit berbulu pada bagian luarnya, serta bentuk kelopak bunga agak menyatu.
  • Buah matoa berbentuk bulat atau agak lonjong. Kemudian ukuran panjang buah matoa ini berkisar antara 5-6 cm dengan ciri warna kulit buah hijau, merah, atau hitam disesuai dengan varietas jenisnya.
Bagi petani pemula yang berminat pada buah matoa, untuk mendapatkan hasil panen yang baik terbilang sangat gampang-gampang susah, dikatakan demikian, karena didalam menanam dan merawat buah matoa dibutuhkan usaha serta kerja keras dan perawatan khusus. Selain itu kondisi dan keadaan lingkungan juga memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan,perkembangbiakan, dan produksi buah matoa. Bagaimana cara untuk mendapatkan hasil buah yang lebat. Bagi kalian yang benar - benar serius berminat membudidayakan buah matoa, alangkah baiknya mengikuti tips cara menanam bauh matoa hingga berhasil panen yang akan kami bagikan ini.

                               
Siapkan Bibit Buah Matoa

Cara Mudah Menanam Dan Merawat Buah Matoa Bagi Pemula. Untuk mendapatkan bibit buah Matoa kita bisa menggunakan dua cara yaitu, dengan cara Stek dan Cangkok Matoa
  • Menyiapkan Lubang Tanam
Buatlah lubang dengan ukuran 50x50 cm dan kedalaman 50x60 cm. Kemudian isi dengan pupuk kandang sampai 2/3 bagian, dan biarkan selama 1 bulan.
  • Penanaman Bibit Pohon Matoa
Masukkan bibit pohon matoa yang sudah siap kedalam lubang tanam yang sudah di siapkan selama 1 bulan, dengan  cara menyobek polybag pembungkus, kemudian timbun secara perlahan dengan media tanah yang steril.
  • Perawatan tanaman Matoa
Lakukan perawatan terhadap tanaman matoa agar dapat tumbuh dengan baik, perawatan tanaman meliputi, Penyiraman, pemupukan, penyiangan terhadap gulma, dan pengendalian hama penyakit.

Harga Jual Buah Matoa

Buah yang memiliki nama ilmiah Pometia Pinnata yang mempunyai kemiripan hampir sama dengan buah pinang ini ternyata mempunyai nilai harga jual yang sangat tinggi, bahkan harganya diatas harga buah-buahan pada umumnya seperti, buah anggur, buah kelengkeng, buah naga, buah tin. Dibeberapa daerah seperti pulau jawa harga buah matoa bisa mencapai harga Rp 50.000. Berikut ini beberapa kota yang ada di indonesia dengan harga jual buah matoa diantaranya :

  • Kota Bandung Rp. 70.000
  • Kota Mojokerto Rp. 60.000
  • Kota Jepara Rp. 50.000
  • Kota Kudus Rp. 50.000
  • Kota Demak Rp. 50.000 
  • Supermarket diseluruh Jakarta Rp. 60.000

Permintaan Buah matoa yang kian meningkat, ditambah masih terbatasnya barang. Menjadikan buah ini begitu mahal, selain itu menanam dan membudidayakan buah matoa kami rasa ini bisa menjadi investasi pohon yang sangat luar biasa. 

Dengan melakukan perawatan dan penanganan yang baik, tanaman matoa akan mulai berbuah setelah berumur 3-4 tahun. Semoga artikel tertang "Cara Mudah Menanam Dan Merawat Buah Matoa Bagi Pemula" yang kami bagikan bisa memberikan inspirasi dan manfaat bagi temen-temen, serta menambah wawasan kalian. Selamat berkebun semoga sukses "PETANI JAYA"

0 Response to "Cara Mudah Menanam Dan Merawat Buah Matoa Bagi Pemula"

Posting Komentar