Pengertian Hama Wereng Penyebab Dan Cara Mengatasi

Pengertian Hama Wereng Penyebab Dan Cara Mengatasi. Hama wereng yang kerap kali menyerang tanaman padi milik petani, menjadi momok yang sangat menakutkan, apalagi seranganya selalu datang tiba-tiba tanpa terduga, karna bentuknya yang kecil dan kerap kali tidak disadari. Wereng adalah sebutan umum untuk jenis serangga penghisap cairan pada tanaman padi sawah atau padi darat (gogo), masuk dalam anggota ordo Hemiptera serangga kecil (kepik sejati), sub ordo Fulgoromorpha, khususnya untuk jenis hama kepik yang berukuran kecil. Karena kehidup hama wereng bergantung pada kondisi sekitar tanaman inang yang lembab, seperti tanaman padi, dan menjadi hama penting dalam usaha budidaya tanaman. Selain sebagai pemakan langsung, wereng juga menjadi vektor bagi penularan sejumlah penyakit tumbuhan seperti virus (Wikipedia).

 Pengertian Hama Wereng Hijau Penyebab Dan Cara Mengatasi

Hama wereng merupakan serangga berukuran kecil yang menghisap cairan tumbuhan, tanaman padi yang di hisap cairannya akan mengering dan lama - lama akan mati. Hama wereng memiliki kemampuan adaptasi yang sangat tinggi terhadap lingkungannnya, dan pada beberapa jenis tertentu memiliki kemampuan dalam menghasilkan keturunan yang tahan terhadap kondisi tertentu. Ada beberapa jenis hama wereng yang menjadi musuh para petani diantaranya ialah
  • wereng coklat (Nilaparvata lugens)
  • wereng hijau (Siphanta acuta)
  • wereng punggung putih (Sogatella furcifera)

Faktor Penyebab Serangan Hama Wereng

Kegagalah dan kendala yang sering dihadapi para petani menjadi problema yang selalu muncul di setiap usaha budidaya. Bukan hanya faktor iklim, faktor cuaca, faktor lingkungan, dan benih, akan tetapi serangan dari hama juga menjadi faktor yang sangat berpengaruh, dan bahkan para petani kesulitan untuk memprediksi serangan yang muncul, hingga terjadi ledakan populasi yang tak dapat di kendalikan. Beberapa faktor yang mempengaru terhadap serangan hama pada tanaman budidaya adalah :
  • Terjadinya pergantian musim (Anomali), terjadinya hujan di musim kemarau, sehingga terjadi perubahan kelembapan udara dan temperatur yang menjadi kondisi ideal populasi wereng coklat.
  • Cepat menemukan habitat baru.
  • Hama wereng cokelat memiliki ketahanan genetik plastisitas yang tinggi sehingga mampu dengan cepat beradaptasi pada tipe varietas padi yang baru.
  • Penggunaan pertisida yang sembarangan membuat hama menjadi tahan terhadap insektisida tersebut (resisten).
  • Kurangnya dukungan dari para penyuluh pertanian, sehingga minimnya informasi yang di dapatkan oleh para Petani Tanaman Pangan.
  • Pemakaian varietas benih yang rentan terhadap serangan hama.
Cara Mencegah Dan Mengatasi Serangan Hama Wereng Pada Tanaman  Padi

Semua jenis wereng mampu menyebabkan gagal panen dalam skala luas jika tidak segera dikendalikan. Beberapa tindakan yang dapat di ambil guna mencegah terjadinya serangan hama wereng meliputi langkah - langkah sebagai berikut :
  • Menggunakan bibit padi unggulan (Varietas Unggul Tahan Wereng) yang mana secara fisik memang memiliki ketahanan terhadap infeksi virus tungro yang dibawa wereng
  • Rutin membersihan gulma disela sela tanaman padi, secara manual (watun) atau secara kimia (herbisida Ally Plus). 
  • Mengendalikan populasi wereng dengan musuh alami atau menggunakan insektisida berbahan aktif karbofuran atau imadikoplorid secara rutin setiap 4-7 hari sekali, sesuai anjuran,bertujuan agar predator alami hama wereng tidak ikut mati.
Berikut tindakan yang harus kita lakukan untuk menghindari serangan wereng pada tanaman padi :
  • Gunakan insektisida terbaik berbahan aktif karbofuran bersifat kontak atau imadikoplorid bersifat sistemik. 
  • Guna menghindari tercucinya insektisida dari air hujan, dapat ditambahkan dengan bahan perekat.
  • Lakukan pembiakan pada barisan padi sebagai pembuka jalan dan agar memudahkan disaat penyemprotan insektisida pada bagian bawah batang padi, yang menjadi tempat persembunyianya.
  • Pergantian bahan aktif insektisida kontak maupun sistemik agar hasilnya maksimal.

Bentuk Siklus Hidup Wereng

 Pengertian Hama Wereng Coklat Penyebab Dan Cara Mengatasi

Demikianlah yang bisa kami sampaikan terkait Pengertian Hama Wereng Penyebab Dan Cara Mengatasi hama wereng pada tanaman padi. Semoga tulisan kami ini bisa bermanfaat bagi anda yang kesulitan dan bingung tentang cara mengatasi serangan hama wereng dewasa pada tanaman padi anda. Jangan lupa ingat selalu untuk mengunjungi blog ini, dan membaca artikel kami yang lainnya.

0 Response to " Pengertian Hama Wereng Penyebab Dan Cara Mengatasi"

Posting Komentar