Inovasi Teknologi Pertanian Padi Sawah Sistem Jajar Legowo Terbaru

bagian bagian mesin combine harvester

Inovasi Teknologi pertanian terbaru di Indonesia dari tahun ketahun sangatlah berkembang dengan pesat. Kemajuan teknologi terbaru ini menjadi perhatian tersendiri dan juga menjadi daya tarik , khususnya kalangan pertanian yang terus menerus menampilkan inovasi terbaru baik berupa, bibit, alat pertanian, obat-obatan, atau inovasi budidaya. Bahkan tidak hanya orang-orang yang bergerak di bidang pertanian saja, orang-orang awam juga penasaran dengan teknologi penemuan pertanian terbaru itu.

Sejak zaman dahulu dunia telah mengakui dengan kekayaan sumberdaya alam indonesia yeliputi, sumberdaya pertambangan, sumberdaya hutan, sumberdaya plasma nutfah, dan sumberdaya di dalam laut. Coba anda bayangkan berapa banyak kekayaan yang tersimpan di bumi indonesia ini, berapa juta bahan tambang seperti timah, emas, perak, tembaga, berapa juta ton ikan dan sumber protein hewani lain, serta jutaan ton minyak yang belum digali.

Fenomena baru ini terjadi berkat kontribusi besar dari lingkungan universitas, pemerintah, bahkan perusahaan swasta. Tiga kontributor terbesar ini berlomba-lomba mengembangkan tekonologi pertanian menjadi lebih baik, lebih modern, dan terbarukan.

Pertanian yang menggunakan alat-alat pertanian terbaru (inovasi pertanian modern) sudah dengan mudah ditemukan, akan tetapi anda juga masih bisa menemukan alat-alat tradisional (inovasi pertanian sederhana) seperti ani-ani, cangkul, sabit, garu, dan beberapa alat lainnya. Alat-alat tersemut yang membantu serta menemani para petani sudah sejak zaman dulu menjadi barang yang sangat bermanfaat untuk kehidupan petani. Jika dibandingkan dengan alat-alat yang canggih sekarang ini, alat tradisional tersebut tentu akan kalah dalam segi kecepatan, kualitas, dan lain-lain.
Keberadaan indonesia yang strategis dengan iklim tropis dengan penerimaan simar matahari sepanjang tahun. Hampir semua jenis yang ada di dunia dapat tumbuh di bumi indonesia, sungguh ironis dengan kesuburan dan kekayaan alam indonesia ternyata masih banyak permasalahan pertanian diindonesia, diantaranya kita masih menjadi negara pengimpor buah-buahan, ternak, dan bahkan pangan utama seperti beras, jagung,kedellai dan gula, sungguh anek bukan.

Kondisi Pertanian Indonesia Saat Sekarang


Kondisi atau keadaan pertanian di indonesia untuk sekarang, dalam pandangan dari sisi teknologi tentu saja mengalami kemajuan yang sangat pesat, banyak sekali alat pertanian sederhana yang mulai tergantikan dengan alat pertanian yang lebih modern. Indonesia mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah. Sumber daya alam ini berasal dari sektor pertanian, perikanan, peternakan sampai dengan pertambangan seperti minyak bumi, gas alam dan logam. Indonesia memiliki beraneka ragam jenis tanaman, hewan, dan mikroorganisme yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Indonesia seharusnya bisa menjadi negara maju dari semua sektor tersebut, terutama dari sektor pertaniannya. Pengertian sektor pertanian adalah bidang usaha yang mengelola sumberdaya alam dalam bidang pertanian secara luar.pertanian merupakan sektor kedua paling berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, setelah industri pengolahan. Posisi sektor pertanian masih di atas sektor lainnya, seperti perdagangan maupun konstruksi.


Manfaat Kemajuan Teknologi Pertanian untuk Para Petani
  • Memperoleh Benih Unggul
Teknologi pertanian terbaru tidak lepas dari perusahaan penghasil benih, dengan melibatkan alat teknologi penghasil benih modern diharapkan akan menghasilan produk benis yang modern yang memenuhi syarat benih bermutu baik yaitu, benih bersih dari kotoran, benih bernas atau berisi, warna benih cerah, ukuran benih normal dan seragan. Dengan terpenuhinya syarat tersebut maka dapat dipastikan pertumbuhan dan produksi tanaman akan baik. 
  • Menghasilkan Pupuk Kimia Terbaik
Perusahaan pupuk kimia dan obat pertanian kini menggunakan teknologi modern untuk menghasilkan kualitas pupuk kimia dan obat pertanian terbaik demi menunjang hasil yang lebih maksimal. Akan tetapi penggunaan puuk kimia yang berlebihan dan kurang berhati-hari juga dapat memberikan dampak negatif terhadap kesuburan dan keseharan tanah, hal itu ditandai dengan semakin bantatnya permukaan tanah.
  • Alat Pertanian Modern
Alat pertanian memiliki pengaruh besar dalam produktivitas produk yang dihasil dari bertani. Penggunaan alat yang canggih pun akan berpengaruh pada kegiatan bercocok tanam, perawatan, dan pemanenan.

  • Meningkatkan pendapatan petani. Dengan adanya teknologi yang berperan penuh dalam pertanian, tentu akan berpengaruh juga pada pendapatan petani.
  • Meningkatkan kemampuan petani. Melalui teknologi pertanian yang paling baru, Secara otomatis kemampuan petani akan mengalami perubahan.
Cara Menanam Padi Ciherang Sistem Jajar Legowo

Cara Menanam Padi Ciherang

Baca Juga : Budidaya Beberapa jenis buah tin

Pertanian padi jajar Legowo adalah salah satu sistem penanaman padi di Indonesia yang pada intinya dilakukan dengan cara mengatur jarak antar benih pada saat penanaman, ini merupakan inovasi terbaru pertanian. Sistem ini telah terbukti dapat meningkatkan hasil padi dibanding dengan penggunaan sistem tradisional. Penerapan sistem tanam legowo yang disarankan menggunakan jarak tanam (25x25) cm antar rumpun dalam baris, 12,5 cm jarak dalam baris, dan 50 cm sebagai jarak antar barisan/lorong atau ditulis (25x12,5x50) cm.

Dihindari penggunaan jarak tanam yang sangat rapat, misalnya (20x10x40) cm atau lebih rapat lagi, tujuannya adalah karena akan menyebabkan jarak dalam baris sangat sempit. Sistem tanam legowo 2:1 akan menghasilkan jumlah populasi tanaman per ha sebanyak 213.300 rumpun, serta akan meningkatkan populasi 33,31% dibanding pola tanam tegel (25x25) cm yang hanya 160.000 rumpun/ha yang saling menghimpit dan saling menutupi. Dengan pola tanam ini jajar legowo, seluruh barisan tanaman akan mendapat tanaman sisipan.


Jenis Alat Untuk Mendukung Teknologi Pertanian Terbaru

  • Alat penanam padi jarwo transplanter

konsep dari jarwo alias jajar legowo (cara menanam padi jajar legowo) dari jawa timur adalah untuk memberikan jarak yang pas antara padi yang satu dengan padi lainnya. Menurut penelitian, alat jarwo ini mampu meningkatkan produksi padi sebanyak 30%.

  • Mesin pemanen padi indo combine harvester

Kelebihan dari alat canggih ini diantaranya mampu beroperasi di lahan yang basah.

mesin rumput pemotong padi combine corn harvester

Dampak Positif Dari Teknologi Pertanian Terbaru

Dampak positif dari penggunaan inovasi terbaru  teknologi pertanian yang nyata yaitu, Mempercepat pekerjaan petani sehingga hal ini meringankan kerja petani di sawah, contohnya saja pada petanian padi saat mengolah lahan yang luas para petani dulu menggunakan kerbau sekarang sudah menggunakan traktor.

Dampak yang kedua adalah meningkatkan hasil produksi dalam pertanian (cara meningkatkan hasil panen padi sawah). Dampak positif ini ontohnya dengan memakai sistem pengawinan tanaman jagung maka hasilnya yaitu jagung hibrida menjadi lebih banyak dan bentuknya secara fisik pun lebih bagus.

Dari segi pengggunaan pestisida dalam mengendalikan hama wereng ataupun sundep, banyak sekali perusahaan swasta yang berlomba-lomba dalam memperkenalkan produk andalam mereka, misalnya pestisida yang berasal dari Basf, kalian dapat melihar semua daftar merek dagang pete basf pada buku katalog (basf product catalogue).

0 Response to "Inovasi Teknologi Pertanian Padi Sawah Sistem Jajar Legowo Terbaru"

Posting Komentar