Cara Jitu Budidaya Buah Tin Agar Hasilnya Maksimal

Cara Tanam Pohon Tin Dalam Pot Berbuah Lebat

Cara Jitu Budidaya Buah Tin - Buah tin atau yang di sebut juga dengan pohon ara, figs (Ficus carisa), merupakan pohon asli dari negeri dengan hamparan padang pasir terluas di dunia (Saudi Arabia) ini merupakan buah yang terkenal sebagai buah suci dari taman surga. Julukan yang di sandangkan pada buah tin ini bukan tanpa alasan, akan tetapi buah tin termasuk salah satu dari buah yang di sebut dalam Al-Qur’an, yaitu dalam surat At-Tin () Kedudukan buah tin dan juga buah zaitun merupakan dua jenis tanaman yang posisinya merupakan sangat istimewa dan sungguh luar biasa, juga menjadi andalan pada saat di zaman Rasulullah S.A.W.

Sejarah Perkembangan buah tin pertama kali adalah buah yang berasal dari arab, kemudian buah ini menyebar kenegara-negara bagian eropa, ke asia, australia. Di indonesia perkembangan budidaya buah tin akhir-akhir ini mulai dilirik dan di minati oleh para penggemar buah-buahan, para kolektor, dan petani pembudidaya yang membidik pada nilai rupiah. Selain rasa yang manis buah tin juga memiliki banyak sekali khasiat dan gizi yang terkandung di dalamnya, oleh sebab itu banyak orang yang mengkonsumsi buah tin untuk dijadikan obat, untuk meyakinkan akan nilai gizi yang terdapat pada buah ini, silahkan kalian lakukan uji gizi di laboratorium untuk meyakinkan akan begitu banyak manfaatnya.    

Cara Jitu Budidaya Buah Tin dalam pot agar hasilnya maksimal melimpah ruah. Cara budidaya buah tin tidak terlalu lama, sebagai petani pemula untuk anda yang akan memulai budidaya buah tin silahkan kalian membeli dan memilih bibit yang di cirikan sebagai berikut atau mungkin dengan cara memperbanyak bibitnya sendiri. Ada beberapa cara untuk membudidaya buah tin ini, salah satunya adalah dengan cara mencangkok pohon tin. Dalam mencangkok ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil bibit buah tin yang terbaik. Berikut adalah tahap-tahap yang harus kamu lakukan untuk mencangkok pohon tin :

  • Pertama, pilihlah pohon tin yang batangnya masih muda dan berkulit hijau, hal ini di karenakan yang masih muda dan berkulit hijau akan lebih cepat tumbuh dan akan lebih banyak menghasilkan buah. 
  • Persiapkan plastik transparan dan juga cocopeat murni. Kemudian balut lah batang pohon tin yang ingin kamu cangkok dengan cocopeat yang sudah dibungkus dengan plastik transparan. 
  • Panjang cangkokan cukup 10 sampai 15 cm saja, usahakan jangan lebih. 
  • Ikat media cangkok pada bagian pangkal dan ujungnya dengan menggunakan tali rafia. 
  • Siramlah media cangkok setiap hari, penyiraman dilakukan melalui celah-celah yang sudah disiapkan sebelumnya. 
  • Saat sudah 30 sampai 45 hari cangkok akan mulai memiliki banyak peranakan, itu artinya cangkok sudah siap di potong dan dipindahkan ke media normal.
Baca Juga : 4 Sistem Pertanian Indonesia

Perawatan Pohon Tin Hingga Berproduksi

Tidak berbeda dengan tanaman umum lainnya yang ada di gurun pasir, buah tin mempunyai karakteristik sama dengan buah yang tumbuh di negara arab, seperti zaitun dan kurma. Tanaman-tanaman ini adalah kelompok jenis tanaman yang membutuhkan sinar matahari yang lebih banyak. Maka dari itu, buah tin lebih susah berbuah di negara yang mempunyai iklim tropis seperti indonesia dan ini menjadi permasalahan baru ketika kita memulai utuk membudidayakan buah tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka dari itu pohon tin juga harus memiliki perawatan yang sama dengan negara asalnya. 

Berikut ini adalah cara merawat pohon tin hingga berbuah maksimal adalah sebagai berikut. 

  • Penyiraman Pohon tin adalah tanaman yang biasa hidup di daerah panas, akan tetapi bukan pula tidak membutuhkan air, maka dari itu penyiraman tidak begitu dianjurkan, apalagi dilakukan setiap hari. Penyiraman dilakukan secara berkala, seperti 4 hari sekali, pada saat musim penghujanan pohon tin tidak perlu di siram. 
  • Penanaman buah tin sebaiknya di lakukan pada musim panas sehingga lebih mudah untuk berbuah, mengingat tanaman ini adalah jenis pohon yang tahan terhadap kekeringan. 
  • Pohon tin membutuhkan cahaya matahari yang banyak. Karena itu, jangan sampai ada sesuatu yang menghalangi cahaya sinar matahari untuk menerangi pohon tin ini. Apabila sinar matahari tidak diberikan sesuai kebutuhannya, pohon tin akan lebih susah tumbuh dan berbuah. 
  • Pemupukan pohon tin dilakukan pada saat awal penanaman yaitu jenis pupuk daun untuk memacu pertumbuh dengan dosis secukupnya. Setelah berumur 2 tahun, pohon tin bisa diberi pupuk kandang. Tujuannya agar daun pohon tin tidak mudah rontok dan untuk mempercepat pembuahan. 
  • Gunting daun-daun yang sudah mengering dan menguning untuk menghindari dari hama dan penyakit. Hal ini biasanya dikarenakan  virus yang ada pada daun, Jadi untuk mencegah menular ke daun lainnya, daun yang telah menguning harus dipotong. Kalau tidak dipotong ada kemungkinan semua daun akan ikut menguning dan pohon tidak dapat melakukan metamoforsis. Hama penggerek batang merupakan hama pengganggu bagi tanaman tin, dampak buruk yang terjadi ketika pohon tin di serang hama tersebut adalah, membuat batang pohon tin menjadi keropos dan mudah patah. Pencegahan untuk hama ini adalah dengan cara menyuntikan obat tanaman pada bagian batangnya dengan ditambahkan nutrisi  untuk membantu proses pemulihan dan perangsang akar serta batang. 


Khasiat Dan Manfaat Mengkonsumsi Buah Tin Bagi Kesehatan Tubuh

Buah tin memiliki banyak khasiat dan manfaat yang sangat dibutuhkan oleh kita, tetapi masih banyak orang yang tidak mengetahui akan khasiat dari buah tin ini. Berikut ini adalah Khasiat dari buat tin yang banyak orang belum tahu : 

Cara Pemangkasan Pohon Tin Agar Berbuah Lebat
  • Buah tin mengandung kalium, Omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu kamu untuk menjaga takanan darah tinggi dan serangan jantung koroner. 
  • Buah tin juga sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Jadi buah ini sangat cocok untuk kamu yang sedang dalam program diet. 
  • Mencegah dari serangan kanker payudara dan kanker kolon apabila kamu mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. 
  • Mempunyai serat larut yang disebut pektin, serat tersebut berupa untuk mengurangi kolesterol darah. 
  • Buah tin yang dipanggang bisa diterapkan pada kulit untuk menyembuhkan radang seperti abses dan juga bisul. 
  • Buah tin mempunyai zat Phenol dan Benzaldehyde yang berguna sebagai anti Tumor dan juga bisa membunuh micro-organisme Pathogen, Jamur dan Virus yang terdapat pada tubuh manusia. 
Nah itulah dia Cara Jitu Budidaya Buah Tin secara lengkap dan dari mulai pembibitan hingga cara memilih bibit, semoga artikel ini bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. Sampai ketemu lagi pada artikel berikutan tentang, Tips jitu menaman buah tin dalam pot, Aneka olahan dari buah tin, cara perbanyakan bibit buah tin.

0 Response to "Cara Jitu Budidaya Buah Tin Agar Hasilnya Maksimal"

Posting Komentar