Tips Sederhana budidaya buah ciplukan Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Tips Sederhana budidaya buah ciplukan Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh. Apa itu buah ciplukan, bagi kalian kidz zaman now atau anak-anak jaman sekaran nama ciplukan tentu akan menjadi asing. Bagi kamu yang lahir dan tumbuh di era 90an pasti nggak asing sama buah ciplukan. betul sekali, buah ciplukan dalam bahasa indonesia atau cecenet dan cecendet dalam bahasa sunda, kemudian terkenal juga dengan nama nyurnyuran nama yang diberikan oleh orang madura, dan bahkan yang unik lagi disebut dengan buah kopok-kopokan istilah bagi orang bali, menjadi buah-buahan favorit bagi anak-anak yang hidup di era tahun-90an. Berbeda dengan anak-anak yang hidup di kota. Bagi mereka yang tinggal di desa ciplukan merupakan tumbuhan alam liar mudah didapatkan secara cuma-cuma alias gratis, jika mau mencari dikebun warga atau area persawahan. Buah ini mepunyai nama ilmiah Physalis angulata ini untuk sekarang bisa didapatkan di supermarket atau swalayan, dengan kisaran harga yang sangat mahal. Bahkan baru beberapa waktu yang lalu, buah kecil ini memiliki nilai jual yang fantastis di beberapa mal Indonesia, apakah anda tertarik dan ingin tahu harga tanaman ciplukan, mungkin ini bisa di kembangkan menjadi bisnis ciplukan yang memiliki nilai jual tinggi. 


Buah Ciplukan atau physalis angulata

Cara Bercocok Tanan Dan Pemasaran Ciplukan

Syarat Tumbuh Tanaman ciplukan cocok hidup dan menghendaki tanah yang subur, gembur, tidak tergenang air, dan memiliki pH mendekati netral. Tanaman ciplukan mampu hidup pada tanah yang kurus, agak padat, dan kurang terawat bersama tanaman liar yang lain karna pada dasarnya tanaman ciplukan adalah tanaman liar. Kondisi lapisan tanah pada bagian yang paling atas haruslah subur, karena akan mempengaruhi terhadap pertumbuhan ciplukan. Ciplukan juga mampu hidup dan beradaptasi di dataran rendah hingga dengan kondisi ketinggian sekitar 1.500 m diatas permukaan laut.

Cara Pembudidayaan Budidaya Ciplukan

Bagi kalian yang berminat membudidayakan ciplukan, ini adalah peluang bagus. Perbanyakan bibit ciplukan yang masih umum dilakukan dengan memanfaatkan biji buahnya sebagai bibit. Hasil perbanyakan generatif dari biji untuk saat ini menjadi satu-satunya alternatif yang dapat ditempuh, dalam proses perbanyakan benih kita memerlukan tahap-tahap perlakuan khusus sebagai berikut :
  • Penyiapan Benih
Benih disiapkan dari buah ciplukan yang tua dan matang dengan ciri berwarna kecolatan dari tanaman ciplukan yang berumur lebih dari 2,5 bulan, bila dipijit dengan kedua ibu jari akan mengeluarkan daging buah berwarna coklat atau kuning yang lunak beserta bijinya. Pisahkan daging buah dan biji, jemur biji hingga kering dan kini dapat digunakan sebagai benih yang siap disemai.
  • Penyiapan Media Semai Biji
Tujuan Penyemaian dilakukan untuk mengecambahkan biji-biji ciplukan sehingga tumbuh menjadi tanaman baru yang telah siap untuk dipindahkan ke lapangan. Media tanah harus mempunyai ciri berfisik halus dan gembur serta memiliki kandungan unsur hara cukup.
  • Tata Cara Penyemaian Benih
Untuk menekan penguapan air dari media semai, hendaknya media semai ditutup menggunakan sungkup dari plastik berwarna putih transparan, sebagai upaya dalam menekan kehilangan air akibat penguapan. Manfaat sungkup selanjutnya ialah untuk menjaga dan melindungi benih dari terpaan sinar matahari langsung, mencegah serangan hama, dan penularan penyakit. Bibit ciplukan siap di pindahkan pada media tanam saat mencapai umur 1-1,5.
  • Penanaman
Bibit ciplukan yang tumbuh di persemaian memiliki akar relatif sedikit, batang masih lunak, dan jumlah daun ± 8 lembar jadi ketika akan melakukan pemindahan di usahakan lebih berhati-hati dan setelah dicabut harus segera ditanam kembali agar tidak layu dan mati.
  • Tips Merawat Tanaman Ciplukan
Proses Perawatan ciplukan di lahan pekarangan juga memiliki kesamaan dengan perawatan tanaman ciplukan di dalam pot. Penyulaman tanaman yang mati harus segera dilakukan secepat mungkin, agar pertumbuhannya dapat seragam. Penyiraman tanaman ciplukan hanya seperlunya saja jangan berlebihan, mengingat kebutuhannya terhadap air tidak begitu boros sama keperti palawija. Pemupukan dapat dilakukan sebanyak dari dosis pupuk yang digunakan pada tanaman tomat.

  • Tata Cara Pemupukan
  1. Pupuk Nitrogen, yang diberikan 14 hari setelah tanam. Caranya iallah, pupuk ditaburkan merata pada alur yang telah dibuat di sekeliling tanaman, dengan jarak diameter sekitar 10 cm dari lubang tanam.
  2. Pupuk Nitrogen, yang diberikan 35 hari setelah tanam. Aplikasi pupuk ditaburkan pada alur sekeliling tanaman, dengan jarak sekitar 10 cm dari lubang tanam.
Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan

Buah Ciplukan atau physalis angulata

Selai sebagai Makanan ringan ternyata buah ciplukan juga memiliki khasiat yang luar biasa  dalam bidang kesehatan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Apa sajakah itu?
  • Membantu menekkan dan menyembuhkan penyakit jantung, cara pengolahannya cukup mudah, Silahkan ambil 40 helai daun ciplukan, tumbuk sampai hancur atau halus dengan blender seperti jus, dan siap diminum tanpa campuran. Daunnya juga bermanfaat untuk kita makan langsung.
  • Sebagai obat asma, ambil daun dan batang dari buah ciplukan, rebus dan minum air rebusan tersebut. Ambil beberapa lembar daunnya, lalu kemudian campur dengan sedikit kapur sirih, dihaluskan dengan cobek atau menggunakan tangan, jika sudah halus (hancur) basahi daun tersebut dengan  sedikit air. Kemudian dikepal dengan telapak tangan (diperas) sampai keluar air berwarna hijau keputih-putihan serta buih. Obat asma sudah siap tinggal di oleskan ada bagian yang sakit.
  • Mengobati penyakit kurap, penyakit kurap memang mengganggu juga membuat keadaan nggak nyaman, merusak penampilan. Cara menggunakannya cukup hancurkan daun ciplukan dan oleskan pada bagian kulit yang terkena kurap. 
  • Mengobati penyakit stroke, cukup minum dan makan bagian-bagian buah ciplukan secara rutin.
  • Menambah kecerdasan anak, caranya cukup campur jus ciplukan dengan air, jeruk nipis, dan sedikit gula.
  • Mengobati kencing manis, cara menggunakannya yaitu, rebus batang dan akar dari buah Ciplukan, kemudian minum tiga kali sehari.
  • Menghilangkan sakit persendian, Cukup campur daun ciplukan dengan kapur sirih kemudian tempelkan pada persendian yang terasa sakit.
  • Menurunkan kolesterol, caranya makan daun dari buah ciplukan dua helai tiga kali sehari.
  • Tambah darah, yaitu dengan cara memasak batang dari buah ciplukan, kemudian minum ari rebusannya.
  • Menurunkan demam, buah ciplukan juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan demam atau panas terutama pada anak-anak.
  • Menurunkan tekanan darah tinggi, dengan meminum air rebusan pada bagian daun, buah dan akar selama kurang lebih tiga minggu berturut-turut hingga dirasa sembuh.
  • Membersihkan kencing kotor, dengan meminum air rebusan tanaman ciplukan.
  • Mengobati kanker payudara, caranya, pucuk yang muda dicampur dgn empat biji beras dan tunas kunyit. Kemudian digiling dengan parutan kelapa sampai lumat. Setelah itu ramuan tadi langsung ditempelkan pada payudara.
  • Menghilangkan tanda kuning pada bayi yang baru lahir, cukup dijemur sampai kering, kemudian digunakan untuk mandi.
  • Menyadarkan orang pingsan, ambil akarnya dan bakar. Kemudian abunya dicampur dengan kapur sirih,cukup campur sedikitminyak kelapa, kemudian oleskan kekepala orang yang pingsan.
  • Penawar racun karena Semua bagian dari buah ciplukan ternyata bisa dikonsumsi sebagai penawar racun.
Sekedar tambahan : Perlu diingat dan sebagai peringatan, walaupun buah ciplukan ini memiliki khasiat yang luar biasa. Tetapi jangan mengonsumsinya bersamaan dengan kopi, karena konon malah dapat menyebabkan keracunan. Semoga Artikel Ini Bisa Bermanfaat Bagi Para Pembaca. Silahkan Beri Komentar Dan Tanggapan Kalian.

0 Response to "Tips Sederhana budidaya buah ciplukan Serta Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh"

Posting Komentar