Tips Budidaya Tanaman Padi

Tips Budidaya Tanaman Padi Organik, Pertanian adalah kegiatan budidaya tanaman dengan tujuan untuk mendapatkan hasil produksi tanaman yang dapat memberikan keuntungan. Budidaya padi atau istilah orang jawa menyebut dengan sebutan pari, adalah suatu kegiatan usaha pertanian yang bertujuan untuk mendapatkan hasil produksi tanaman pertanian, dengan kwalitas terbaik yang menjadi sebuah harapan besar para petani. Dengan ketentuan dan persyaratan tanaman padi tersebut ditanam dan tumbuh harus dalam keadan subur juga sehat (Wikipedia).

Makalah Budidaya Dan Kesulitan Tanaman Padi
Cara Menanam Padi Yang Baik Dan Menguntungkan

Tips budidaya tanaman pangan padi hibrida organik seperti, tanaman padi sawah atau padi darat (gogo) merupakan tanaman terpenting di indonesia, bahkan seluruh dunia dari beberapa jenis tanaman pangan lainnya seperti gandum, jagung, dan sorgum. Dalam istilah bahasa latin Oryza sativa L.atau gabah dalam bahasa jawa, bagi masyarakat indonesia menjadi bahan pokok yang sangat vital, bahkan hampir 70% penduduk indonesia mengkonsumsi nasi, dan 30% lainnya mengkonsumsi singkong dan jagung.

Sebagai bahan pangan terpenting, beras menjadi kebtuhan yang harus ada, sehingga diharapkan produksi padi secara nasional mampu mencukupi kebutuhan tersebut. Akan tetapi kenyataanya produksi tersebut belum mampu memenuni kebutuhan didalam negeri, sehingga masih melakukan impor kenegara terangga, dengan kenyataan kalau negara indonesia memiliki hamparan persawahan yang sangat luas dengan iklim yang sangat mendukung dalam hal tersebut.

Pemerintah telah mencanangkan peningkatan produksi beras lewat lembaga (P2BN) atau program peningkatan produksi beras nasional. Banyak upaya telah di tempuh untuk mensukseskan program ini, salah satunya lewat perluasan lahan tanam dengan cara intensifikasi tanaman yang meliputi, pengelolaan tanaman terpadu seperti Pemilihan benih dengan kwalitas terbaik, cara menyemai benih, dan cara tanam benih dengan teknologi tanam terbaru (sistem SRI atau Jajar Legowo). Pengolahan tanaman terpadu pada padi diharapkan dapat memberikan peningkatan pendapatan petani, pada hasil gabah dan juga mutu beras menjadi lebih berbobot, melalui beberapa penerapan teknologi yang cocok dan toleran pada kondisi lingkungan tertentu.

Benih padi Unggul


Cara Menanam Padi Di sawah Sampai Panen
Cara Pembibitan Tanaman Padi

Bagi para petani, benih menjadi hal terpenting dalam budidaya, karena tanpa benih bagaimana munkin kita bisa bercocok tanam. Benih juga berperan andil dalam hasil produksi akhir pertanian, saat ini di pasaran banyak sekali jenis dan macam benih yang beredar dengan berbagai kriteria, tak jarang juga petani dikecewakan karena pertumbuhan benih yang kurang baik. Beberapa benih padi terbaik yang beredar di masyarakat dapat digolongkan menjadi 3 jenis varietas diantaranya.

Baca Juga : Budidaya Padi Sawah  Organik Hasil Melimpah
  • Varietas hibrida
Benih unggul yang telah mengalami rekayasa genetik sehinga tumbuh, berproduksi secara maksimal dan baik, akan tetapi benih hibrida jenis ini hanya dapat ditanam 1 kali saja, karena keturunannya tidak dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik. Hal ini dilakukan oleh pemilik benih dengan merubah sifat gen tertentu, tujuannya agar petani membeli lagi  dan bergantung pada benih tersebut, sedangkan harga perkilo gram benih padi rata-rata berkisar antara Rp.40-60 ribu rupiah. Varietas Jenis ini ada yang dilepas oleh pemerintah, akan tetapi juga ada yang didatangkan atau diimpor dari negara lain.
  • Varietas Unggul
Varietas ini merupakan benih padi yang bisa ditanam berkali-kali dan jidaadikan benih kembali, dengan syarat perlakuan juga perawatan yang baik. Melalui SK Menteri Pertanian benih unggul ini mendapatkan izin dan dilepas kepada para petani, dengan serangkaian uji coba yang sangat ketat. Harga eceran perkilo gram pun cukup murah , sehingga dapat dijangkau olehs eluruh petani, dengan kisaran antara Rp. 5-10 ribu rupiah.
  • Varietas Lokal
Padi varietas lokal merupakan jenis padi yang ditanam dan dikembangkan di 1 tempat (Lokasi tertentu), sengga lama-kelamaan tumbuh, berkembang, dan beradaptasi pada karakteristik Lokasi daerah tersebut.

Semoga apa yang kami sampaikan bisa memberikan suatu manfaat bagi kalian, berikan tanggapan kalian agar penulis dapat membangun blog ini menjadi lebih baik, Terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Tips Budidaya Tanaman Padi"

Posting Komentar